February 04, 2017

Gadjah Mada Menyapa: Serunya Berkeliling Sulsel

Agenda aksi sosial yang paling berkesan dalam liburan semester saya kali ini adalah kegiatan safari pendidikan Gadjah Mada Menyapa (GAMAPA) 2017. 

Kegiatan ini berupa sosialisasi dan aksi berbagi inspirasi dari mahasiswa-mahasiswi UGM yang berasal dari Sulawesi Selatan untuk kembali mengabdi bagi daerah.  

Niat  ini kemudian dieksekusi dengan cara mengunjungi sekolah-sekolah SMA/MA dan sederajat se-Sulawesi Selatan untuk berbagi informasi, motivasi, dan inspirasi terkait dunia perkuliahan dan bagaimana meningkatkan minat dasn motivasi para siswa-siswi SMA yang ada untuk mampu bersaing di perguruan-pegurruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia, termasuk Universitas Gadjah Mada.



Gambar 1 Dokumentasi sosialisasi di SMAN 1 Watansoppeng 

Dalam rangkaian kegiatan ini, tahun ini kegiatan Gadjah Mada Menyapa 2017 mengunjungi total 23 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan yang menggunakan system pembagian tim per region sebanyak empat pembagian regional wilayah sosialisasi dan melibatkan kurang lebih 60 mahasiswa daerah UGM asal Sul-Sel.



Gambar 2 Dokumentasi Sosialisasi di SMAN 2 Sengkang



Gambar 3 Dokumentasi Sosialisasi di SMAN 1 Palopo



 Gambar 4 Dokumentasi Sosialisasi di SMA Kristen Barana, Tana Toraja 

Alhamdulillah secara keseluruhan kegiatan ini dapat berjalan lancar dengan agenda kegiatan sosialisasi yang berhasil mengunjungi total 64 sekolah yang ada di sepanjang kegiatan safari pendidikan yang berjalan. 

Untuk saya pribadi, saya selaku steering committee ikut pula terjun ke dalam kegiatan roadshow di Region 3 yang meliputi wilayah Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu, Kota Palopo Kabupaten Tana Toraja dan juga Kabupaten Toraja Utara dengan tota sekolah yang kami kunjungi sebanyak 12 sekolah. 

Antusiasme yang tinggi yang ditunjukkan oleh adik-adik kami para siswa-siswi SMA memberikan kesan dan kebanggaan tersendiri dan semakin memperbesar harapan kemajuan pendidikan mereka baik dari pihak kami panitia maupun dari pengakuan guru-guru yang kami datangi sekolahnya.



  Gambar 5 Dokumentasi Sosialisasi di SMAN 1 Belopa

  Gambar 6 Dokumentasi Sosialisasi di SMAN 1 Unggulan Kamanre


Acara ini juga diakhiri dengan acara puncak yakni talkshow inspiratif dan kegiatan Try Out Ujian masuk perguruan tinggi negeri se-Indonesia. 

Sosialisasi dan Talkshow inspiratif akan diisi tentang pembahasan alternatif melanjutkan pendidikan ke sekolah tinggi-sekolah tinggi ternama di Indonesia seperti ke Universitas Gadjah Mada. 

Tahun ini kegiatan safari pendidikan akan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya seperti UI dan IPB. Untuk kegiatan Talkshow sendiri juga bekerjasama dengan pihak Jusuf Kalla dan Yayasan Kalla Group disertai dukungan dari Garuda Indonesia.



Gambar 7 Dokumentasi Kegiatan Try Out Akbar

Tidak hanya kegiatan sosialisasi dan safari pendidikan, kami juga mengadakan acara puncak yang kami pusatkan di Kota Makassar di Hari Minggu tanggal 15 Januari 2017 dengan menyelenggarakan kegiatan Try Out Akbar dengan dihadiri kurang lebih 700 peserta dan juga sekaligus dirangkaikan dengan acara Talkshow inspiratif dengan mengundang walikota Makassar bapak Ramdan Pomanto dan juga Bapak Prof Hamdan Juhanis yang merupakan Guru Besar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sekaligus penulis buku Melawan Takdir. 

Selain itu saya selaku moderator talkshow mendapat kesempatan berharga untuk berbincang dengan kedua tokoh inspiratif Sulawesi Selatan tersebut ditemani oleh satu lagi pembicara Kakanda Saputra Wangsa yang merupakan alumni lulusan cumlaude UGM asal Sulawesi Selatan yang saat ini bekerja di perusahaan minyak Schlumberger.

 Gambar 8 Dokumentasi Pembicara Talkshow dan Panitia Acara

Kegiatan talkshow yang kami adakan mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta yang bukan hanya berasal dari para siswa SMA sederajat se-Sulawesi Selatan tetapi juga terbuka bagi umum sehingga banyak dihadiri oleh mahasiswa yang berasal dari kampus-kampus yang ada di Makassar. 

Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan expo kampus yang menghadirkan stand-stand fakultas yang ada di UGM dengan para kakak-kakak mahasiswa UGM yang mengisi stand-stand yang ada sekaligus bertugas untuk berbagi inormasi yang lebih detail terkait dari masing-masing fakultas yang ada di UGM. 


Gambar 9 Dokumentasi Pemberian kenang-kenagan kepada salah satu peserta

Nah itu dia sedikit cerita kali ini semoga nanti bisa bersua kembali ya gaess...


bonus foto bareng Kiki dan Idham yang selalu jadi rusuh maker di trip ini. Ciao!




0 comments:

Post a Comment